MEMAHAMI PENGERTIAN AGAMA SECARA UMUM
DISUSUN OLEH
IMFRANTONI PURBA
05111003014
05111003014
FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2011
KATA
PENGHANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkatnyalah dan
penyertaanNya, kami dapat menyusun makalah pendidikan agama yang berjudul “Memahami
Pengertian Agama Secara Umum”
Dalam
makalah ini kami membahas pengertian tentang agama secara umum yang diresmikan
di Indonesia ini. Dalam makalah ini kami menuliskannya dengan keterbatasan
kami, kami sadar makalah kami ini masih jauh dari kata sempurna,bahkan dikatan
baik pun belum tentu. Oleh karena itu, kami harapkan kritik dan saran yang
memmbangun untuk makalah kami ini dari pembaca.
Semoga makalah kami ini berguna bagi semua,terutama pembaca.
Semoga makalah kami ini berguna bagi semua,terutama pembaca.
Palembang,
Desember 2011-12-07
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGHANTAR...............................................................................................................i
DAFTAR ISI................................................................................................................................ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A.Latar belakang............................................................................................................1
DAFTAR ISI................................................................................................................................ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A.Latar belakang............................................................................................................1
BAB 2 PEMBAHASAN
A.Pengertian Agama......................................................................................................2
B.Ciri-ciri umum Agama...............................................................................................3
C.Cara beragama...........................................................................................................5
D.Agama Kristen............................................................................................................5
E. Agama Islam..............................................................................................................12
F. Agama Hindu.............................................................................................................14
G.Agama Buddha...........................................................................................................14
BAB
3 PENUTUP
A. Kesimpulan..............................................................................................................................15
BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
A.Latar belakang
Definisi tentang agama dipilih yang sederhana dan
meliputi. Artinya definisi ini diharapkan tidak terlalu sempit atau terlalu
longgar tetapi dapat dikenakan kepada agama-agama yang selama ini dikenal
melalui penyebutan nama-nama agama itu. Agama merupakan suatu lembaga atau
institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia. Untuk itu terhadap
apa yang dikenal sebagai agama-agama itu perlu dicari titik persamaannya dan
titik perbedaannya.
Manusia memiliki kemampuan terbatas, kesadaran dan
pengakuan akan keterbatasannnya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang
luar biasa diluar dirinya. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari
sumber yang luar biasa juga. Dan sumber yang luar biasa itu ada bermacam-macam
sesuai dengan bahasa manusianya sendiri. Misal Tuhan, Dewa, God, Syang-ti, Kami-Sama
dan lain-lain atau hanya menyebut sifat-Nya saja seperti Yang Maha Kuasa,
Ingkang Murbeng Dumadi, De Weldadige dll.
Keyakinan ini membawa manusia untuk mencari kedekatan
diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri, yaitu: menerima segala
kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan,menaati
segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan
Dengan demikian diperoleh keterangan yang jelas, bahwa
agama itu penghambaan manusia
kepada Tuhannya. Dalam pengertian agama terdapat 3 unsur, ialah manusia,
penghambaan dan Tuhan.
Maka suatu paham atau ajaran yang mengandung ketiga unsur pokok pengertian
tersebut dapat disebut agama.
BAB 2
PEMBAHASAN
1. Pengertian Agama
Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubung an dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
1. Pengertian Agama
Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubung an dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
Agama [Sanskerta, a = tidak; gama = kacau] artinya
tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai arah atau
tujuan tertentu. Religio [dari religere,
Latin] artinya mengembalikan ikatan, memperhatikan dengan saksama; jadi agama
adalah tindakan manusia untuk mengembalikan ikatan atau memulihkan hubungannya
dengan Allah.
Dari sudut sosiologi, agama adalah tindakan-tindakan
pada suatu sistem sosial dalam diri orang-orang yang percaya pada suatu
kekuatan tertentu [yang supra natural] dan berfungsi agar dirinya dan
masyarakat keselamatan. Agama merupakan suatu sistem sosial yang dipraktekkan
masyarakat; sistem sosial yang dibuat manusia [pendiri atau pengajar utama
agama] untuk berbhakti dan menyembah Ilahi. Sistem sosial tersebut dipercayai
merupakan perintah, hukum, kata-kata yang
langsung datang dari Ilahi agar manusia mentaatinya. Perintah dan kata-kata
tersebut mempunyai kekuatan Ilahi sehingga dapat difungsikan untuk mencapai
atau memperoleh keselamatan [dalam arti seluas-luasnya] secara pribadi dan
masyarakat.
Dari sudut kebudayaan, agama adalah salah satu hasil budaya. Artinya, manusia membentuk atau menciptakan agama karena kemajuan dan perkembangan budaya serta peradabannya. Dengan itu, semua bentuk-bentuk penyembahan kepada Ilahi [misalnya nyanyian, pujian, tarian, mantra, dan lain-lain] merupakan unsur-unsur kebudayaan. Dengan demikian, jika manusia mengalami kemajuan, perubahan, pertumbuhan, dan perkembangan kebudayaan, maka agama pun mengalami hal yang sama. Sehingga hal-hal yang berhubungan dengan ritus, nyanyian, cara penyembahan [bahkan ajaran-ajaran] dalam agama-agama perlu diadaptasi sesuai dengan sikon dan perubahan sosio-kultural masyarakat.
Dari sudut kebudayaan, agama adalah salah satu hasil budaya. Artinya, manusia membentuk atau menciptakan agama karena kemajuan dan perkembangan budaya serta peradabannya. Dengan itu, semua bentuk-bentuk penyembahan kepada Ilahi [misalnya nyanyian, pujian, tarian, mantra, dan lain-lain] merupakan unsur-unsur kebudayaan. Dengan demikian, jika manusia mengalami kemajuan, perubahan, pertumbuhan, dan perkembangan kebudayaan, maka agama pun mengalami hal yang sama. Sehingga hal-hal yang berhubungan dengan ritus, nyanyian, cara penyembahan [bahkan ajaran-ajaran] dalam agama-agama perlu diadaptasi sesuai dengan sikon dan perubahan sosio-kultural masyarakat.
Sedangkan kaum agamawan berpendapat bahwa agama
diturunkan TUHAN Allah kepada manusia. Artinya, agama berasal dari Allah; Ia
menurunkan agama agar manusia menyembah-Nya dengan baik dan benar; ada juga
yang berpendapat bahwa agama adalah tindakan manusia untuk menyembah TUHAN
Allah yang telah mengasihinya.
secara umum, agama adalah upaya
manusia untuk mengenal dan menyembah Ilahi [yang dipercayai dapat memberi
keselamatan serta kesejahteraan hidup dan kehidupan kepada manusia]; upaya
tersebut dilakukan dengan berbagai ritus [secara pribadi dan bersama] yang
ditujukan kepada Ilahi.
Secara
khusus, agama adalah tanggapan manusia terhadap penyataan TUHAN Allah. Dalam keterbatasannya, manusia tidak
mampu mengenal TUHAN Allah, maka Ia menyatakan Diri-Nya dengan berbagai cara
agar mereka mengenal dan menyembah-Nya. Makna yang khusus inilah yang merupakan
pemahaman iman Kristen mengenai Agama.
Merumuskan pengertian agama bukan suatu perkara mudah,
dan ketidak sanggupan manusia untuk mendefinisikan agama karena disebabkan oleh
persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepentingan mutlak dan tidak dapat
ditawar-tawar lagi, karena itu tidak mengherankan jika secara internal
muncul pendapat-pendapat yang secara apriori menyatakan bahwa agama tertentu
saja sebagai satu-satunya agama samawi, meskipun dalam waktu yang bersamaan
menyatakan bahwa agama samawi itu meliputi Islam, Kristen dan Yahudi.
Sumber terjadinya agama terdapat dua katagori, pada
umumnya agama Samawi dari langit, agama yang diperoleh melalui Wahyu Illahi
antara lain Islam, Kristen dan Yahudi.—-dan agama Wad’i atau agama bumi yang
juga sering disebut sebagai agama budaya yang diperoleh berdasarkan kekuatan
pikiran atau akal budi manusia antara lain Hindu, Buddha, Tao, Khonghucu dan
berbagai aliran keagamaan lain atau kepercayaan.
Dalam prakteknya, sulit memisahkan antara wahyu Illahi
dengan budaya, karena pandangan-pandangan, ajaran-ajaran, seruan-seruan pemuka
agama meskipun diluar Kitab Sucinya, tetapi oleh pengikut-pengikutnya dianggap
sebagai Perintah Illahi, sedangkan pemuka-pemuka agama itu sendiri merupakan
bagian dari budaya dan tidak dapat melepaskan diri dari budaya dalam masa
kehidupannya, manusia selalu dalam jalinan lingkup budaya karena manusia
berpikir dan berperilaku
2. CIRI-CIRI UMUM AGAMA
Berdasarkan semuanya itu, hal-hal yang patut
diperhatikan untuk memahami agama, antara lain
- Pada
setiap agama mempunyai sasaran atau tujuan penyembahan atau Sesuatu Yang Ilahi dan disembah.
Ia bisa disebut TUHAN, Allah, God, Dewa, El, Ilah, El-ilah, Lamatu’ak,
Debata, Gusti Pangeran, Deo, Theos atau penyebutan lain sesuai dengan
konteks dan bahasa masyarakat [bahasa-bahasa rakyat] yang menyembah-Nya.
Penyebutan tersebut dilakukan karena manusia percaya bahwa Ia yang disembah adalah Pribadi yang benar-benar ada;
kemudian diikuti memberi hormat dan setia kepada-Nya. Jadi, jika ada
ratusan komunitas bangsa, suku, dan sub-suku di dunia dengan bahasanya
masing-masing, maka nama Ilahi
yang mereka sembah pun berbeda satu sama lain. Nama yang berbeda itu pun,
biasanya diikuti dengan pencitraan atau penggambaran Yang Ilahi sesuai sikon berpikir
manusia yang menyembahnya. Dalam keterbatasan berpikirnya, manusia
melakukan pencitraan dan penggambaran Ilahi berupa patung, gambar, bahkan
wilayah atau lokasi tertentu yang dipercayai sebagai tempat tinggal Jadi, kaum agama
tidak bisa mengklaim bahwa mereka paling benar menyebut Ilahi yang
disembah. Sehingga nama-nama lain di luarnya adalah bukan Ilahi yang patut
disembah dan dipercayai atau diimani.
- Pada
setiap agama ada keterikatan kuat antara yang menyembah [manusia] dan yang disembah atau Ilahi. Ikatan
itu menjadikan yang menyembah [manusia, umat] mempunyai keyakinan tentang
keberadaan Ilahi. Keyakinan itu dibuktikan dengan berbagai tindakan nyata
[misalnya, doa, ibadah, amal, perbuatan baik, moral, dan lain-lain] bahwa
ia adalah umat sang Ilahi. Hal itu berlanjut, umat membuktikan bahwa ia
atau mereka beragama dengan cara menjalankan ajaran-ajaran agamanya. Ia
harus melakukan doa-doa; mampu menaikkan puji-pujian kepada TUHAN yang ia
sembah; bersedia melakukan tindakan-tindakan yang menunjukkan perhatian kepada
orang lain dengan cara berbuat baik, sedekah, dan lain sebagainya.
- Pada umumnya, setiap agama ada sumber ajaran utama [yang tertulis maupun tidak tidak tertulis]. Ajaran-ajaran tersebut antara lain: siapa Sang Ilahi yang disembah umat beragama; dunia; manusia; hidup setelah kematian; hubungan antar manusia; kutuk dan berkat; hidup dan kehidupan moral serta hal-hal [dan peraturan-peraturan] etis untuk para penganutnya. Melalui ajaran-ajaran tersebut manusia atau umat beragama mengenal Ilahi sesuai dengan sikonnya sehari-hari; sekaligus mempunyai hubungan yang baik dengan sesama serta lingkungan hidup dan kehidupannya.
- Ajaran-ajaran agama dan keagamaan tersebut, pada awalnya hanya merupakan uraian atau kalimat-kalimat singkat yang ada pada Kitab Suci. Dalam perkembangan kemudian, para pemimpin agama mengembangkannya menjadi suatu sistem ajaran, yang bisa saja menjadi suatu kerumitan untuk umatnya; dan bukan membawa kemudahan agar umat mudah menyembah Ilahi.
- Secara tradisionil, umumnya, pada setiap agama mempunyai ciri-ciri spesifik ataupun berbeda dengan yang lain. Misalnya,
·
pada setiap agama ada
pendiri utama atau pembawa ajaran; Ia bisa saja disebut sebagai nabi atau
rasul, guru, ataupun juruselamat
·
agama harus mempunyai
umat atau pemeluk, yaitu manusia; artinya harus ada manusia yang menganut,
mengembangkan, menyebarkan agama
·
agama juga mempunyai
sumber ajaran, terutama yang tertulis, dan sering disebut Kitab Suci; bahasa
Kitab Suci biasanya sesuai bahasa asal sang pendiri atau pembawa utama agama
·
agama harus mempunyai
waktu tertentu agar umatnya melaksanakan ibadah bersama, ternasuk hari-hari
raya keagamaan
·
agama perlu mempunyai
lokasi atau tempat yang khusus untuk melakukan ibadah; lokasi ini bisa di puncak
gunung, lembah, gedung, dan seterusnya
3. Cara Beragama
Berdasarkan cara beragamanya:
- Tradisional, yaitu cara beragama berdasar tradisi. Cara ini mengikuti cara beragamanya nenek moyang, leluhur atau orang-orang dari angkatan sebelumnya. Pada umumnya kuat dalam beragama, sulit menerima hal-hal keagamaan yang baru atau pembaharuan. Apalagi bertukar agama, bahkan tidak ada minat. Dengan demikian kurang dalam meningkatkan ilmu amal keagamaanya.
- Formal, yaitu cara beragama berdasarkan formalitas yang berlaku di lingkungannya atau masyarakatnya. Cara ini biasanya mengikuti cara beragamanya orang yang berkedudukan tinggi atau punya pengaruh. Pada umumnya tidak kuat dalam beragama. Mudah mengubah cara beragamanya jika berpindah lingkungan atau masyarakat yang berbeda dengan cara beragamnya. Mudah bertukar agama jika memasuki lingkungan atau masyarakat yang lain agamanya. Mereka ada minat meningkatkan ilmu dan amal keagamaannya akan tetapi hanya mengenai hal-hal yang mudah dan nampak dalam lingkungan masyarakatnya.
- Rasional, yaitu cara beragama berdasarkan penggunaan rasio sebisanya. Untuk itu mereka selalu berusaha memahami dan menghayati ajaran agamanya dengan pengetahuan, ilmu dan pengamalannya. Mereka bisa berasal dari orang yang beragama secara tradisional atau formal, bahkan orang tidak beragama sekalipun.
- Metode Pendahulu, yaitu cara beragama
berdasarkan penggunaan akal dan hati (perasaan) dibawah wahyu. Untuk itu
mereka selalu berusaha memahami dan menghayati ajaran agamanya dengan
ilmu, pengamalan dan penyebaran (dakwah). Mereka selalu mencari ilmu dulu
kepada orang yang dianggap ahlinya dalam ilmu agama yang memegang teguh
ajaran asli yang dibawa oleh utusan dari Sesembahannya semisal Nabi atau
Rasul sebelum mereka mengamalkan, mendakwahkan dan bersabar (berpegang
teguh) dengan itu semua.
5.
AGAMA KRISTEN
Agama Kristen bermula dari pengajaran Yesus Kristus
sebagai tokoh utama agama ini. Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina sekitar tahun 4-8 SM, pada
masa kekuasaan raja Herodes. Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan, Maria, yang dikandung oleh Roh Kudus. Sejak usia tiga puluh
tahun, selama tiga tahun Yesus berkhotbah dan berbuat mukjizat pada banyak
orang, bersama keduabelas rasulnya. Yesus yang semakin populer dibenci oleh
orang-orang Farisi, yang kemudian berkomplot untuk menyalibkan Yesus. Yesus
wafat di salib pada usia 33 tahun dan bangkit dari kubur pada hari yang ketiga setelah kematiannya.
Setelah kebangkitannya, Yesus masih tinggal di dunia sekitar empat puluh hari
lamanya, sebelum kemudian naik ke surga.
Agama Kristen termasuk salah satu dari agama
Abrahamik yang berdasarkan
hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian
Baru, umat Kristen
meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian
Lama (atau Kitab suci
Yahudi). Kekristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam
bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama
(325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I.
Pemeluk agama Kristen mengimani bahwa Yesus
Kristus adalah Tuhan dan
Juru Selamat, dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus. Dalam
kepercayaan Kristen, Yesus Kristus adalah pendiri jemaat (gereja) dan kepemimpinan gereja yang abadi (Injil Matius 16:
18-19)
Umat Kristen juga percaya bahwa Yesus Kristus akan
datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama
Yahudi, mereka menjunjung ajaran
moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.
Kata Kristen sendiri memiliki arti "pengikut
Kristus atau "pengikut Yesus". Murid-murid Yesus Kristus untuk
pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah
Para Rasul 11: 26c).
Agama Kristen termasuk banyak tradisi agama yang
bervariasi berdasarkan budaya, dan juga kepercayaan dan aliran yang jumlahnya
ribuan. Selama dua milenium, Kekristenan telah berkembang menjadi tiga cabang
utama:
- Katolik (denominasi tunggal Kristen terbesar, termasuk Gereja Katolik ritus Timur, dengan satu koma dua milyar penganut total, lebih dari setengah dari jumlah total penganut agama Kristiani)
- Protestanisme (terdiri dari berbagai macam denominasi dan pemikir dengan berbagai macam penafsiran kitab suci, termasuk Lutheranisme, Anglikanisme, Calvinisme, Pentakostalisme, Methodis, Gereja Baptis, Karismatik, Presbyterian, Anabaptis, dsb.)
- Ortodoks Timur (denominasi tunggal Kristen terbesar kedua, dan merupakan denominasi Kristen terbesar di Eropa timur)
Selain itu ada pula berbagai gerakan baru seperti Bala
Keselamatan, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Mormon, Saksi-Saksi Yehuwa, serta berbagai aliran yang muncul pada akhir abad
ke-19 maupun abad ke-20, dll.
5.1. AGAMA
KRISTEN PROTESTAN
5.1.1 Pengertian Agama
Kristen Protestan
Agama Kristen mengandung arti orang yang di terapi
“yaitu orang yang di gosok dengan minyak suci sebagai suatu upacara konsekrasi
(pensucian). Jadi kata Kristen mengandung arti orang-orang yang telah di
baktiskan dengan perminyakan suci itu. Dengan pembaktisan tersebut. Orang telah
di akui sah sebagai pengikut kristus orang yang di terapi sesuai dengan kitab
injil sebagai berikut “dan tiada engkau beri orang sucimu” dalam kalangan umat
Kristen terdapat juga berbagai aliran dan golongan yaitu bukan sedikit pula
jumlahnya aliran-aliran itu timbul karna perbedaan paham tantang ketuhanan
tritunggal, tentang injil, tentang hak kekuasaan gereja, dan pendeta yaitu
salah satunya adalah Agama Kristen Protestan.
Protestan adalah sebuah mazhab dalam agama Kristen.
Mazhab atau demonisasi ini muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517
dengan 95 dalilnya kata protestan berarti pro ”testanum yang berarti kembali ke
injil (testanum) pada tahun 2005 ± 5,9% (14.276.459). dari 241.973.879 penduduk
Indonesia beragama protestan.
5.1.2 Ciri-ciri agama
protestan.
Kristen protestan memiliki dua
ciri khas yang paling menonjol.
1. Pembenaran karna iman dan asas protestan dalam
konsepsi protestan iman bukan sekedar masalah kepercayaan, yaitu di terimanya
suatu pengetahuan sebagai hal yang pasti, tanpa perlu ada bukti.
2. Iman adalah suatu tanggapan seluruh dari manusia,
yang dalam kata-kata Emil Bruner disebut suatu keseluruhan tindakan dari
seluruh pribadi “dengan demikian iman menyangkut suatu garak naik dari pikiran
= hususnya suatu keyakinan akan kekuatan kreatif tuhan yang tidak terbatas yang
berada di mana-mana.
5.2 KRISTEN KATOLIK
Agama katolik adalah suatu agama yang digunakan untuk
menyebut agama Kristen yang berpusat di Vatikan, Roma. Agama ini dikenal dengan
nama “Agama Kristen Katolik”, hal ini karena dari histories sangat erat
kaitannya dengan agama Kristen di Nazerat (Nasirah) dengan tokohnya adalah
Yesus kristus pada tahun ke-4 SM, tetapi sebagian ada yang berpendapat antara
tahun 7-5 SM. Istilah katolik berasal dari bahasa Yunani “kathoikos” yang berarti “am” maksudnya agama katolik adalah
agama yang bersifat universal, dalam arti untuk semua manusia, sehingga gereja
harus menyebarluaskan ajarannya ke seluruh dunia atau juga yang berarti
ajarannya terbesar di seluruh dunia. Lebih lanjut lagi dari arti “katolik”
dianggap sebagai nama ajaran gereja yang dipandang benar, hal ini diperkuat
dengan adanya doktrin kepercayaan katolik sebagimana tercantum dalam kredo (Sumpah Setia) Nicea. Hasil konsili tahun 325 M, dan
konsili konstantinopel tahun 381 M, yang menyatakan bahwa “aku percaya gereja yang suci, am, dan
rasuli”. Bisa juga berarti nama dari ajaran Gereja yang benar atau
kepercayaan ortodoks sebagai lawan ajaran-ajaran bid’ah. Bila dikaitkan; gereja
bisa berarti “am” maksudnya
: perkembangan gereja itu merupakan pertanda kebenaran ajaran para rasul selain
bahwa fereja bersifat universal.
Tidak diketahui dengan pasti kapan dan siapa yang membawa agama Kristen masuk
untuk kali pertama ke Roma, karena sejumlah pendapat dapat dianggang sebagai
kemungkinan-kemungkinan. Pertama, adanya
seorang warga Roma yang bernama Korneilus bersama keluarganya telah Dibaptis oleh Petrus untuk masuk
agama Kristen, yang kemudian menyebarluaskan ajaran ini setelah ia kembali ke
Roma. Kedua, Petrus sendirilah
yang menyebarkan di Roma. Ketiga, adanya
hubungan dagang yang baik antar Roma dan Palestina. Keempat,. adanya golongan Kristen
yang terdiri dari orang Yahudi-Roma, hadir pada Pantekosta di Yarussalem. Keenam, agama Kristen dibawa oleh
Paulus ke Roma, karena Pauluslah orang yang dianggap sangat gigih untuk keluar
batas “keYahudian” meskipun ia tidak termasuk salah satu dari murid Yesus.Dan
yang terahir inilah yang banyak disepakati.
Di tangan Paus Pauluslah agama Kristen menyebar menjelajahi wilayah Mediterania
Timur hingga mencapai Roma sehingga berhasil membentuk komunitas kecil atau
gereja-gereja. Di Roma agama Kristen berkembang pesat, bahkan pada tahun 380 M,
menjadi agama kekaisaran Roma. Akan tetapi ketika bangsa Hun di bawah pimpinan
Attila abad ke-5 mengobrak-abrik Roma ibukota Imperium Roma, resmi ibu kota
Roma pindah ke Konstantinopel. Kondisi ini berpengaruh kepada adanya persaingan
antar Paus di Roma dan di Konstantinopel dalam masalah kedudukan secara
politik. Dan dari sinilah kemudian pada tahun 1054 M, agama Kristen terjadi
pemisahan menjadi Gereja Roma katolik di Barat dan Gereja Grik Ortodoks di
Konstantinopel. Lebih jauh lagi pada abad ke-16 terjadi protes atas
otoritas Paus di Vatikan yang melahirkan Kristen Protestan. Oleh karena itu,
dalam agama Kristen terdapat perbedaan-perbedaan ajaran di antara tiga gerakan
tersebut.
·
Trinitarianisme dan konsep-konsep Kristen lainnya
Bagi orang Kristen trinitarian
(yang selama berabad-abad merupakan mayoritas umat Kristen), Allah Bapa
bukanlah Allah yan terpisah dari Sang Anak (dalam hal ini, Yesus
adalah penjelmaan-Nya) dan dari Roh
Kudus, yang ketiganya merupakan Allah yang esa. Orang
Kristen trinitarian menggambarkan ketiga pribadi ini sebagai Tritunggal
atau Trinitas.
Ini berarti mereka selalu hadir sebagai tiga "pribadi" (Yunani: hypostases) yang berbeda, tetapi
ketiganya adalah satu Allah, masing-masing mempunyai identitas yang penuh
sebagai Allah sendiri ("substansi" yang esa), "kepribadian
ilahi" dan kuasa yang esa, dan "kehendak ilahi" yang esa pula.
Namun sebagian orang Kristen lainnya menganut gagasan
alternatif yang sangat berbeda. Sebagian kecil menggambarkan Sang Bapa, Yesus
Kristus, dan Roh Kudus masing-masing sebagai Keberadaan yang berbeda, dan yang
telah ada secara kekal (triteisme),
atau sebagai "manifestasi" yang berbeda dari Keberadaan yang tunggal
(modalisme).
Sebagian orang mencetuskan teori bahwa hubungan antara Sang Bapa dan Sang Anak
dimulai pada suatu titik yang mungkin berada di luar "sejarah" yang
biasa (Arianisme).
Yang lainnya percaya bahwa Allah menjadi Bapa ketika Ia mengucapkan Λογος
("logos" atau "firman")-Nya yang menciptakan. Logos atau
firman ini adalah tatanan yang pertama dan makhluk yang dengan-Nya Allah
membina hubungan sebagai Bapa (pandangan sebagian gnostik).
Yang lainnya menemukan hubungan yang kuat dengan gagasan kafir
tentang seorang penyelamat atau pahlawan yang dilahirkan oleh dewata, sebuah
gagasan tentang Bapa yang mirip dengan Mithraisme
atau penyembahan terhadap kaisar Romawi.
Bagi kebanyakan orang Kristen, pribadi Allah Bapa
adalah yang paling tinggi, dan sesekali merupakan alamat doa yang eksklusif,
yang seringkali diucapkan dalam nama
Yesus Kristus. Doa
Bapa Kami, misalnya, dimulai dengan kata-kata, "Bapa kami
yang ada di surga..."
Dalam Perjanjian Baru, Allah Bapa mempunyai peranan
khusus dalam hubungannya dengan Sang Anak. Dalam hal ini Yesus diyakini sebagai
Sang Anak dan warisnya (Ibrani 1:2-5). Menurut Pengakuan Iman Nicea,
Sang Anak (Yesus Kristus) "lahir dari Bapa sebelum segala abad". Hal
ini menunjukkan bahwa hubungan Bapa-Anak mereka yang ilahi tidaklah terikat pada suatu peristiwa di dalam waktu atau
sejarah manusia. Lihat Kristologi.
Dalam teologi Ortodoks
Timur, Allah bapa adalah "sumber" dari Allah Anak
dan Allah Roh Kudus. Dalam teologi Barat, ketiga hupostasis (zat) atau persona
ini mempunyai asal-usulnya di dalam hakikat keilahiannya. Para Bapa Kapadosia
menggunakan pemahaman monarki Ortodoks Timur untuk menjelaskan mengapa
trinitarianisme bukan suatu triteisme: "Allah itu esa karena Sang Bapa itu
esa," kata Basil Agung
pada abad keempat. Pada abad ke-8, Yohanes dari Damsyik
menulis panjang lebar tentang peranan Allah Bapa:
Segala sesuatu yang dimiliki oleh Anak berasal dari
Bapa, demikian pula halnya Roh berasal dari Bapa, termasuk keberadaan-Nya. Dan
bila Bapa tidak ada, maka Anak dan Roh pun tidak ada; dan bila Bapa tidak
memiliki sesuatu, maka Anak ataupun Roh pun tidak memilikinya. Lebih jauh,
karena Sang Bapa, artinya, karena Bapa itu ada, maka Anak dan Roh pun ada; dan
oleh karena Sang Bapa, Anak dan Roh pun memiliki segala sesuatu yang mereka
miliki.
·
Doktrin-doktrin
Meskipun doktrin dari denominasi-denominasi Protestan
jauh dari seragam, ada beberapa keyakinan yang tersebar pada Protestantisme
yaitu doktrin sola scriptura
dan sola fide.
- Sola scriptura mempertahankan bahwa Alkitab (bukan tradisi gereja atau interpretasi gerejawi dari Alkitab) adalah sumber otoritas final untuk semua orang Kristen.
- Sola fide berpegang bahwa keselamatan yang datang hanya melalui iman di dalam Yesus sebagai Kristus, bukan melalui perbuatan baik.
Gereja-gereja Protestan umumnya menolak doktrin
Katolik dan Ortodoks mengenai pewarisan apostolik dan pelayanan sakramental
dari klerus. Kecuali yang ditemukan pada banyak negara, seperti di bagian
selatan Eropa, yang berada di bawah pengaruh non-Katolik jauh sebelum Reformasi.
Pendeta Protestan dan pemimpin gereja memiliki peran
dan otoritas yang sedikit berbeda di dalam komunitas mereka dibandingkan dengan
pastor dan uskup pada Katolik, Anglikan dan Ortodoks.
·
Ibadah
Contoh benda-benda yang digunakan
umat Kristen dan Katolik untuk beribadah—Alkitab, sebuah Salib, and sebuah Rosario
·
Liturgi
Justin Martyr menggambarkan liturgi. (tata cara urutan
ibadah) Kristen di First Apology (c. 150) kepada Penguasa Antoninus Pius pada
abad ke-2, dan penggambarannya masih relevan untuk menggambarkan struktur dasar
dari liturgi ibadah Kristen. Justin menggambarkan, orang Kristen berkumpul
untuk ibadah bersama pada hari Minggu, yaitu hari Yesus bangkit dari kubur.
Pembacaan Firman Tuhan diambil dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, tapi
terutama dari Injil. Pada akhir dari liturgi ibadah, diadakan Perjamuan Kudus,
untuk memperingati pengorbanan Yesus.
Namun gereja pada saat ini juga ada yang mengadakan
ibadah selain hari Minggu. Gereja Advent Hari Ketujuh berkumpul pada hari
Sabtu. Gereja Pentakosta atau Karismatik mengikuti "tuntunan Roh
Kudus" dan tidak memiliki liturgi yang tertulis, walaupun ada tata cara
urutan umum kebiasaan ibadah yang biasanya dari minggu ke minggu mirip. Gereja
Evangelical menggabungkan Pop dan Rock ke dalam ibadahnya, sementara beberapa
Gereja yang lain melarang sama sekali penggunaan alat musik dalam ibadah,
seperti Gereja Orthodox.
Ibadah dapat divariasikan untuk acara-acara khusus,
seperti baptisan, pernikahan, atau hari raya Kristen seperti Natal dan Paskah.
Ada pula ibadah untuk anak-anak, yang biasanya disebut Sekolah Minggu atau
Ibadah Anak.
·
Sakramen
Sakramen adalah ritus Agama Kristen yang menjadi perantara
(menyalurkan) rahmat ilahi. Kata 'sakramen' berasal dari Bahasa Latin
sacramentum yang secara harfiah berarti "menjadikan suci". Salah satu
contoh penggunaan kata sacramentum adalah sebagai sebutan untuk sumpah bakti
yang diikrarkan para prajurit Romawi; istilah ini kemudian digunakan oleh
Gereja dalam pengertian harfiahnya dan bukan dalam pengertian sumpah tadi.
·
Kalender Liturgis
Komunitas Katolik Roma, Anglikan,
dan Kristen Protestan mengatur ibadah dalam jadwal kalender liturgis. Hal ini
termasuk hari-hari suci, misalnya Hari Perenungan yang memperingati sebuah
kejadian di dalam hidup Yesus Kristus, hari-hari puasa, atau perayaan-perayaan
biasa seperti hari memperingati orang-orang kudus. Komunitas Kristen yang tidak
mengikuti tradisi kalender liturgis biasanya masih tetap merayakan
perayaan-perayaan tertentu, seperti Natal, Paskah, dan Kenaikan Yesus ke Surga.
Beberapa Gereja sama sekali tidak memakai kalender liturgis.
·
Simbol
Salib, yang saat ini adalah simbol Kekristenan yang
paling mudah dikenali di seluruh dunia, telah digunakan sebagai simbol Kristen
pada zaman sangat awal. Lambang ikan juga nampaknya berada di urutan teratas lambang
favorit setelah salib. Lambang ikan dipakai oleh karena kemiripan 5 huruf
konsonan yang membentuk kata ikan (Ichthys), yang mana dapat dipakai sebagai
singkatan untuk menggambarkan Yesus: Iesous
Christos Theou Yios Soter, artinya Yesus Kristus, Anak Allah, Penyelamat.
Orang Kristen awal mula suka
untuk menghiasi makam-makam mereka dengan ukir-ukiran dan gambar mengenai
Yesus, orang-orang kudus, kejadian dari Alkitab, dan perlambang-perlambang yang
lain. Orang-orang Kristen awal tidak memiliki pemikiran negatif menganai gambar,
ukiran, maupun patung. Simbol-simbol yang lain meliputi burung merpati (simbol Roh Kudus), anak domba (simbol pengorbanan Yesus), pohon anggur beserta ranting-rantingnya (simbol bahwa orang
Kristen harus memiliki hubungan secara pribadi dengan Yesus) dan banyak yang
lain. Semua ini diambil dari ayat-ayat Alkitab Perjanjian
Baru
·
Baptisan
Baptisan merupakan sebuah ritual dan sakramen
menggunakan air, yang menandakan seseorang berkomitmen menjadi seorang Kristen
dan tergabung menjadi anggota Gereja. Ada Gereja yang memperbolehkan baptisan
dengan air yang dipercikkan (misalnya Gereja Katolik dan Othodox), ada Gereja
yang mengharuskan baptisan dilakukan dengan diselamkan kepada air seperti Yesus
(misalnya Gereja Kristen Protestan dan Karismatik).
·
Doa
Pengajaran Yesus tentang doa pada Khotbah
di Bukit menggambarkan bahwa
doa secara Kristiani hanya memakai sedikit faktor eksternal, atau tidak ada
sama sekali, seperti misalnya harus menggambar simbol-simbol tertentu atau
harus menyembelih hewan-hewan tertentu terlebih dahulu sebelum berdoa. Dalam
doa secara Kristiani, semua perilaku-perilaku yang menekankan kepada
"teknik-teknik berdoa" yang menggunakan faktor eksternal seperti yang
tadi disebutkan biasanya dituduh sebagai "pagan" (paganisme, penyembahan berhala). Karena itu, dalam doa secara
Kristiani, yang ditekankan adalah cukup hanya perlu percaya kepada kebaikan
Tuhan ketika berdoa. Di seluruh Perjanjian Baru, penekanan terhadap kebebasan
untuk datang kepada Tuhan ini pun ditekankan. Keyakinan ini harus dilihat dari
sudut pandang kepercayaan Kristen terhadap hubungan yang unik antara orang
percaya dengan Yesus, lewat Roh Kudus.
Dalam tradisi lanjutan, beberapa gerakan sebelum
berdoa dianjurkan, seperti misalnya membuat tanda salib, berlutut, atau
membungkuk. Kebiasaan melipat tangan, menyatukan kedua tangan di depan dada,
atau mengangkat tangan pun terkadang sering dilakukan untuk meningkatkan
konsentrasi ketika berdoa dan mengekspresikan isi doa.
·
Pergerakan
Sepeninggal Yesus, kepemimpinan orang Kristen
diteruskan berdasarkan penunjukan Petrus oleh Yesus. Setelah Petrus meninggal
kepemimpinan dilanjutkan oleh para uskup yang dipimpin oleh uskup Roma.
Pengakuan iman mereka menyebutkan kepercayaan akan Allah Tritunggal yang
Mahakudus, yakni Bapa, Anak (Yesus Kristus), Roh kudus, Gereja yang satu,
kudus, katolik, apostolik; pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan
kekal.
Setelah itu, Gereja Kristen mengalami dua kali
perpecahan yang besar: yang pertama terjadi pada tahun 1054 antara Gereja Barat yang berpusat di Roma (Gereja Katolik Roma) dengan Gereja Timur (Gereja Ortodoks Timur) yang berpusat di Konstantinopel (sekarang Turki).
Yang kedua terjadi antara Gereja
Katolik dengan Gereja
Protestan pada tahun 1517 ketika Martin
Luther memprotes ajaran
Gereja yang dianggapnya telah menyimpang dari kebenaran.
Banyak denominasi
Gereja kini menyadari bahwa perpecahan itu justru menyimpang dari pesan Yesus yang mendoakan kesatuan di antara para pengikutnya.
"Dan bukan untuk
mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya
kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama
seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga
di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus
Aku." — Injil
Yohanes 17:20-21
6. AGAMA ISLAM
Ada dua sisi yang
dapat kita gunakan untuk memahami pengertian agama Islam, yaitu sisi kebahasaan
dan sisi peristilahan. Kedua sisi pengertian tentang ini dapat dijelaskan
sebagai berikut.
Dari segi kebahasaan Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata salima yang mengandung arti selamat, sentosa, dan damai. Dari kata salima selanjutnya diubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian.
Senada dengan pendapat di atas, sumber lain mengatakan bahwa Islam berasal dari bahasa Arab, terambil dari kata salima yang berarti selamat sentosa. Dari asal kata itu dibentuk kata aslama yang artinya memelihara dalam keadaan selamat sentosa dan berarti pula menyerahkan diri, tunduk, patuh, dan taat. Kataaslama itulah yang menjadi kata Islam yang mengandung arti segala arti yang terkandung dalam arti pokoknya. Oleh sebab itu, orang yang berserah diri, patuh, dan taat disebut sebagai orang Muslim. Orang yang demikian berarti telah menyatakan dirinya taat, menyerahkan diri, dan patuh kepada Allah Swt. Orang tersebut selanjutnya akan dijamin keselamatannya di dunia dan akhirat.
Dari pengertian kebahasaan ini, kata Islam dekat dengan arti kata agama yang berarti menguasai, menundukkan, patuh, hutang, balasan, dan kebiasaan. Pengertian Islam demikian itu, menurut Maulana Muhammad Ali dapat dihami dari firman Allah yang terdapat pada ayat 202 surat AI-Baqarah yang artinya, Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan, sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
Dari uraian di atas, kita sampai pada suatu kesimpulan bahwa kata Islam dari segi kebahasaan mengandung arti patuh, tunduk, taat, dan herserah diri kepada Tuhan dalam upaya mencari keselamatan dan keba¬liagiaan hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Hal demikian dilakukan atas kcsadaran dan kemauan diri sendiri, bukan paksaan atau berpura-pura, melainkan sebagai panggilan dari fitrah dirinya sebagai makhluk yang sejak clalam kandungan sudah menyatakan patuh dan tunduk kepada Tuhan.
Dengan demikian, perkataan Islam sudah meng¬gambarkan kodrat manusia sebagai makhluk yang tunduk dan patuh kepada "I'uhan”. Keadaan ini membawa pada timbulnya pemahaman terhadap orang yang tidak patuh dan tunduk sebagai wujud dari penolakan terhadap fitrah dirinya sendiri. Demikianlah pengertian Islam dari segi kebahasaan sepanjang yang dapat kita pahami dari berbagai sumber yang dikemukakan para ahli.
Adapun pengertian Islam dari segi istilah akan kita dapati rumusan yang berbeda-beda. Harun Nasution misalnya mengatakan bahwa Islam menurut istilah (Islam sebagai agama), adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui Nabi Muhammad Saw. sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenal satu segi, tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia.
Sementara itu Maulana Muhammad Ali mengatakan bahwa Islam ada¬lah agama perdamaian; dan dua ajaran pokoknya, yaitu keesaan Allah dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia menjadi bukti nyata, bahwa agama Islam selaras benar dengan namanya. Islam bukan saja dikatakan sebagai agama seluruh nabi Allah, sebagaimana tersebut pada beberapa ayat kitab suci Al-quran, melainkan pula pada segala sesuatu yang secara tak sadar tunduk sepenuhnya kepada undang-undang Allah, yang kita saksikan pada alam semesta.
Berdasarkan pada keterangan tersebut, maka kata Islam menurut istilah adalah mengacu kepada agama yang bersumber pada wahyu yang datang dari Allah Swt. bukan berasal dari manusia, dan bukan pula berasal dari Nabi Muhammad Saw. Posisi nabi dalam agama Islam diakui sebagai yang ditugasi oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam tersebut kepada umat manusia. Dalam proses penyebaran agama Islam, nabi terlibat dalam memberi keterangan, penjelasan, uraian, dan contoh praktiknya. Namun keterlibatan ini masih dalam batas-batas yang dibolehkan Tuhan.
Dengan demikian, secara istilah Islam adalah nama bagi suatu agama yang berasal dari Allah Swt. Nama Islam demikian itu memiliki perbedaan yang luar biasa dengan nama agama lainnya. Kata Islam tidak mempunyai hubungan dengan orang tertentu atau dari golongan manusia atau dari suatu negeri. Kata Islam adalah nama yang diberikan oleh Tuhan sendiri.
Dari segi kebahasaan Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata salima yang mengandung arti selamat, sentosa, dan damai. Dari kata salima selanjutnya diubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian.
Senada dengan pendapat di atas, sumber lain mengatakan bahwa Islam berasal dari bahasa Arab, terambil dari kata salima yang berarti selamat sentosa. Dari asal kata itu dibentuk kata aslama yang artinya memelihara dalam keadaan selamat sentosa dan berarti pula menyerahkan diri, tunduk, patuh, dan taat. Kataaslama itulah yang menjadi kata Islam yang mengandung arti segala arti yang terkandung dalam arti pokoknya. Oleh sebab itu, orang yang berserah diri, patuh, dan taat disebut sebagai orang Muslim. Orang yang demikian berarti telah menyatakan dirinya taat, menyerahkan diri, dan patuh kepada Allah Swt. Orang tersebut selanjutnya akan dijamin keselamatannya di dunia dan akhirat.
Dari pengertian kebahasaan ini, kata Islam dekat dengan arti kata agama yang berarti menguasai, menundukkan, patuh, hutang, balasan, dan kebiasaan. Pengertian Islam demikian itu, menurut Maulana Muhammad Ali dapat dihami dari firman Allah yang terdapat pada ayat 202 surat AI-Baqarah yang artinya, Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan, sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
Dari uraian di atas, kita sampai pada suatu kesimpulan bahwa kata Islam dari segi kebahasaan mengandung arti patuh, tunduk, taat, dan herserah diri kepada Tuhan dalam upaya mencari keselamatan dan keba¬liagiaan hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Hal demikian dilakukan atas kcsadaran dan kemauan diri sendiri, bukan paksaan atau berpura-pura, melainkan sebagai panggilan dari fitrah dirinya sebagai makhluk yang sejak clalam kandungan sudah menyatakan patuh dan tunduk kepada Tuhan.
Dengan demikian, perkataan Islam sudah meng¬gambarkan kodrat manusia sebagai makhluk yang tunduk dan patuh kepada "I'uhan”. Keadaan ini membawa pada timbulnya pemahaman terhadap orang yang tidak patuh dan tunduk sebagai wujud dari penolakan terhadap fitrah dirinya sendiri. Demikianlah pengertian Islam dari segi kebahasaan sepanjang yang dapat kita pahami dari berbagai sumber yang dikemukakan para ahli.
Adapun pengertian Islam dari segi istilah akan kita dapati rumusan yang berbeda-beda. Harun Nasution misalnya mengatakan bahwa Islam menurut istilah (Islam sebagai agama), adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui Nabi Muhammad Saw. sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenal satu segi, tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia.
Sementara itu Maulana Muhammad Ali mengatakan bahwa Islam ada¬lah agama perdamaian; dan dua ajaran pokoknya, yaitu keesaan Allah dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia menjadi bukti nyata, bahwa agama Islam selaras benar dengan namanya. Islam bukan saja dikatakan sebagai agama seluruh nabi Allah, sebagaimana tersebut pada beberapa ayat kitab suci Al-quran, melainkan pula pada segala sesuatu yang secara tak sadar tunduk sepenuhnya kepada undang-undang Allah, yang kita saksikan pada alam semesta.
Berdasarkan pada keterangan tersebut, maka kata Islam menurut istilah adalah mengacu kepada agama yang bersumber pada wahyu yang datang dari Allah Swt. bukan berasal dari manusia, dan bukan pula berasal dari Nabi Muhammad Saw. Posisi nabi dalam agama Islam diakui sebagai yang ditugasi oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam tersebut kepada umat manusia. Dalam proses penyebaran agama Islam, nabi terlibat dalam memberi keterangan, penjelasan, uraian, dan contoh praktiknya. Namun keterlibatan ini masih dalam batas-batas yang dibolehkan Tuhan.
Dengan demikian, secara istilah Islam adalah nama bagi suatu agama yang berasal dari Allah Swt. Nama Islam demikian itu memiliki perbedaan yang luar biasa dengan nama agama lainnya. Kata Islam tidak mempunyai hubungan dengan orang tertentu atau dari golongan manusia atau dari suatu negeri. Kata Islam adalah nama yang diberikan oleh Tuhan sendiri.
7. AGAMA HINDU
Agama Hindu
(Bahasa Sanskerta: Sanātana Dharma
सनातन धर्म
"Kebenaran Abadi"), dan Vaidika-Dharma
("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anak
benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang
merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul
antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang
masih bertahan hingga kini. Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia
setelah agama Kristen dan Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar
jiwa.
Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak
benua India. Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini. Agama ini pernah
tersebar di Asia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15, lebih tepatnya pada masa
keruntuhan Majapahit. Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan
juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia
adalah masyarakat Bali, selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa,Lombok,
Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).
8. AGAMA BUDDHA
Berasal dari bahasa Sansekerta budh berarti menjadi sadar,
kesadaraan sepenuhnya; bijaksana, dikenal, diketahui, mengamati,
mematuhi. (Arthur Antony Macdonell, Practical Sanskrit Dictionary,
Oxford University Press, London, 1965).
Tegasnya, Buddha berarti seorang yang telah mencapai Penerangan atau
Pencerahan Sempurna dan Sadar akan Kebenaran Kosmos serta Alam
Semesta. "Hyang Buddha" adalah seorang yang telah mencapai Penerangan
Luhur, cakap dan bijak menuaikan karya-karya kebijakan dan memperoleh
Kebijaksanaan Kebenaraan mengenai Nirvana serta mengumumkan doktrin
sejati tentang kebebasan atau keselamatan kepada dunia semesta
sebelum parinirvana.
Berasal dari bahasa Sansekerta budh berarti menjadi sadar,
kesadaraan sepenuhnya; bijaksana, dikenal, diketahui, mengamati,
mematuhi. (Arthur Antony Macdonell, Practical Sanskrit Dictionary,
Oxford University Press, London, 1965).
Tegasnya, Buddha berarti seorang yang telah mencapai Penerangan atau
Pencerahan Sempurna dan Sadar akan Kebenaran Kosmos serta Alam
Semesta. "Hyang Buddha" adalah seorang yang telah mencapai Penerangan
Luhur, cakap dan bijak menuaikan karya-karya kebijakan dan memperoleh
Kebijaksanaan Kebenaraan mengenai Nirvana serta mengumumkan doktrin
sejati tentang kebebasan atau keselamatan kepada dunia semesta
sebelum parinirvana.
BAB 3
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Semua Agama memiliki pengertian dan tujuan yang baik, bahkan semua ajaran-ajaran agama mengajarkan kita untuk berlaku baik dalam segala tindakan.Namun setiap orang memiliki fikiran/pendapat yang berbeda-beda tentang ajaran agama yang di anutnya.Bahkan karena agamanya ia mamiliki pendapat bahwa agamanyalah yang paling benar, sehingga ia menganggap agama yang lainnya adalah musuhnya/merupakan ajaran sesat baginya.
Setiap agama memiliki pembawa/pengajar atau nabi masing-masing yang paling di agungkan, dan setiap agama itu memiliki pembawa yang berbeda-beda.Semua agama itu mengajarkan kebaikan, namun banyak fikiran yang mengeraskan pendapat sendiri tentang agama itu, sehingga manusia tidak lagi mengamalkan ajaran-ajaran agama yang ia percayai, namun membuat terjemahan yang ada di dalam alam fikirannya sebagai pedoman hidunya.
Sehingga umat beragama tidak selalu bisa mencerminkan kebajikan yang dikandung dalam agamanya. Pemikiran tentang agama kita sendiri yang benar membuat kita membenci sesama kita manusia, padahal sdemua agama pastinya mengajarkan kita untuk saling mengasihi diantara kita manusia. Tidak ada agama yang mengajarkan untuk membunuh sesama manusia, tapi untuk saling mengasihi.
Agama beguna untuk mengatur jalan nya kehidupan di antara manusia agar tidak terjadi kekacauan.
Semua Agama memiliki pengertian dan tujuan yang baik, bahkan semua ajaran-ajaran agama mengajarkan kita untuk berlaku baik dalam segala tindakan.Namun setiap orang memiliki fikiran/pendapat yang berbeda-beda tentang ajaran agama yang di anutnya.Bahkan karena agamanya ia mamiliki pendapat bahwa agamanyalah yang paling benar, sehingga ia menganggap agama yang lainnya adalah musuhnya/merupakan ajaran sesat baginya.
Setiap agama memiliki pembawa/pengajar atau nabi masing-masing yang paling di agungkan, dan setiap agama itu memiliki pembawa yang berbeda-beda.Semua agama itu mengajarkan kebaikan, namun banyak fikiran yang mengeraskan pendapat sendiri tentang agama itu, sehingga manusia tidak lagi mengamalkan ajaran-ajaran agama yang ia percayai, namun membuat terjemahan yang ada di dalam alam fikirannya sebagai pedoman hidunya.
Sehingga umat beragama tidak selalu bisa mencerminkan kebajikan yang dikandung dalam agamanya. Pemikiran tentang agama kita sendiri yang benar membuat kita membenci sesama kita manusia, padahal sdemua agama pastinya mengajarkan kita untuk saling mengasihi diantara kita manusia. Tidak ada agama yang mengajarkan untuk membunuh sesama manusia, tapi untuk saling mengasihi.
Agama beguna untuk mengatur jalan nya kehidupan di antara manusia agar tidak terjadi kekacauan.
saya ingin bertanya apakah orang yg beragama islam,kristen,hindu,budha,katolik, dll,,,percaya kepada ALLAH yg sma? tolong jelaskan
BalasHapusGK TAU PULAK AQ BANG....
BalasHapusSoalnya semua orang menyembah yang mereka percayai.
kadang dirinya sendiri aja di anggap tuhan.